Tag

,


Logo PDT 2013Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) XLII Tahun 2013 akan dimulai. Sangga-sangga pengembara dari seluruh perwakilan Gugus Depan yang masuk dalam Kwarcab 1205 Kota Yogyakarta siap mengembara menapaki jejak-jejak pahlawan kusuma bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Kegiatan serupa juga diselenggarakan kwarcab di luar Kota Yogyakarta, antara lain Kwarcab Sleman dengan Pengembaraan Akhir Tahun ( Barata). Menapaki Rute Pangeran Mangkubumi, maka PDT Kali ini akan digelar mulai tanggal 26 Desember hingga 30 Desember 2013. Serangkaian acara pun telah dilaksanakan antara lain lomba-lomba yang diselenggarakan sebelum hari H tersebut.

Beberapa lomba yang dipertandingkan dalam PDT tahun ini sengaja diselenggarakan pada Pra PDT guna mengurangi beban para peserta PDT meningat perjalanan yang cukup jauh selama lima hari sudah menguras tenaga, stamina dan pikiran. Dengan langkah tersebut, maka peserta fokus dalam pengembaraan. Hanya saja, finalnya dilaksanakan pada saat hari H. Bertempat di Pondok Pemuda Pesanggrahan Ambarbinangun, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Panitia PDT XLII melaksanakan berbagai kegiatan Pra PDT pada hari Senin, 23 Desember 2013.

Tak ketinggalan sangga pengembara kafiah 0261-0262 Diponegoro Tjut Njak Dhien yang mengirimkan 2 sangga putra dan 1 sangga putri tersebut ikut ambil bagian dalam lomba pramuka se-Kota Yogyakarta yang dikemas dalam pengembaraan akhir tahun tersebut. Akhirnya pada kategori Festival Kesenian Rakyat (FKR) yang mengambil tema Pangeran Mangkubumi dengan lakon drama yang apik mengantarkan Gudep 0261-0262 maju ke final bersama 4 kontingen lainnya.