Tag

,


Renungan Suci

Satu lagi kegiatan baru saja usai. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-65 ini, pangkalan  kita kembali mendapat undangan untuk mengikuti Renungan Suci. Adapun renungan suci tersebut telah digelar pada tanggal 16 Agustus 2010 bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara. Seperti biasa, turut hadir di sana pangkalan – pangkalan dari SMA/SMK lain, Satuan Karya (Saka), personel dari Kodim, TNI, veteran, dan para tamu undangan lainnya.

Sebelum berangkat di TMP, Dewan Ambalan Diponegoro – Tjut Njak Dhien berkumpul di SMK tercinta, Jalan A.M. Sangaji 47 Yogyakarta. Sekitar pukul 22.00, seperti biasa baru menuju ke sana. Prosesi renungan ini cukup khidmad. Pasalnya, tiap pangkalan dibagi tugasnya. Sebagian mengikuti upacara Renungannya, sebagian lagi bertugas untuk menyalakan lilin di setiap makam para pendahulu kita, pahlawan yang gugur demi membela negeri tercinta ini.

Sebelum masuk ke komplek makam, semua yang hadir dianjurkan untuk memberikan penghormatan di depan pintu masuk. Dengan kurang lebih 5 komplek makam, penyalaan lilin dilaksanakan setelah upacara inti selesai dan lampu di sekitar makam dimatikan. Suasana dan pemandangan indah dari cahaya lilin pun berpendar di setiap makam. Kuran lebih 30 menit, lampu kemudian dinyalakan kembali. Renungan suci menjelang HUT RI Ke-65 pun selesai, kami pun keluar dari komplek TMP, dan tak lupa memberikan salam penghormatan di depan pintu TMP. Kegiatan yang berakhir menjelang subuh ini selain bertujuan mengenang jasa para pahlawan kita, juga sebagai kegiatan pertama para tamu calon penegak di Gudep 0261 – 0262. Sekitar pukul 03.00 dini hari, lalu kembali ke SMK N 2 Yogyakarta untuk mengikuti acara upacara sekolah guna memperingati HUT RI sekitar pukul 07.00.

Sumber foto : mangkubumikartini.dagdigdug.com

<< Beranda