Tag


Ambalan-Hari Kamis, 8 April 2010 bertempat di ruang 11 SMK NEGERI 2 Yogyakarta, pihak sekolah dalam hal ini Pembina Gugus Depan 0261 – 0262 mengundang BPH Ambalan dan perwakilan Organisasi di bawah naungan OSIS untuk mengikuti pembentukan sangga kerja Pertika 2010. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIS ini berlangsung cukup lancar, pasalnya partisipasi kehadiran dari perwakilan organisasi cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta rapat yang hampir memenuhi 3/4 kursi yang ada di ruang 11.

Pada prinsipnya, pembentukan Sangga Kerja tahun ini sedikit berbeda dengan pembentukkan Sangker pada tahun – tahun sebelumnya. Kalau tahun ini Sangker dibentuk oleh Pembina dengan pengambilan suara terbanyak. Dengan konsep yang bagus yang telah ditawarkan oleh Kak Suwaryanto selaku Pembina Gudep 0261 – 0262, Perkemahan Bakti Teknika (Pertika) untuk tahun 2010 dibuat lebih menarik dengan prinsip antara lain :

  1. Pertika dari, oleh dan untuk Penegak
  2. Semua ikut terlibat
  3. Mencerminkan tindak disiplin siswa dan nilai – nilai positif  yang perlu dikembangkan

Pertika di SMK N 2 Yogyakarta memang dari , oleh dan untuk Penegak. Maksudnya yang bertindak sebagai Panitia / Sangker adalah dari Dewan Ambalan yang notabene adalah Penegak, seluruh kegiatan dilaksanakan oleh Penegak dan untuk kelas I yang juga Penegak. Kegiatan yang insyaAllah dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2010 ini harus melibatkan semua pihak yang berkompeten, dalam hal ini adalah seluruh siswa kelas I, pembina, guru, karyawan, DA sendiri serta perwakilan organisasi.Nah, di sinilah letak perbedaan Konsep Pertika 2010 dengan konsep Pertika sebelumnya. Kalau dulu Sangker berasal dari DA, PMR dan PKS, kini Sangker juga berasal dari seluruh perwakilan organisasi di bawah OSIS SMK N 2 Yogyakarta. Dengan target peserta 800 orang dan Sangker 75 orang, diharapkan Pertika 2010 harus lebih sukses, lancar dan mampu memenuhi prinsip  – prinsip di atas.

Selain itu, kegiatan dibuat lebih menarik dan diharapkan bisa memberi manfaat dan nilai positif setelah Pertika berlangsung. Semua siswa / penegak harus terlibat. Jadi kegiatannya pun dibuat agar seluruh peserta Pertika bisa ikut langsung, merasakan dan mengalaminya langsung, bukan perwakilan tiap sangga atau hanya perwakilan kelas. Namun, tidak menutup kemungkinan kegiatannya berupa perwakilan, mengingat jumlah peserta yang cukup banyak, fasilitas yang terbatas serta waktu yang cukup singkat.Itulah sedikit gambaran mengenai konsep Pertika 2010.

Adapun sebagai hasil Rapat Pembentukan Sangga Kerja Perkemahan Bakti Teknika 2010 adalah baru dipilih pengurus inti, yaitu :

  1. Ketua Umum : Roni Dwi Wijayanto, 2 TAV 2
  2. Sekertaris Umum : Arif Affandi, 2 TKJ 1
  3. Bendahara : Murdiyono, 1 TAV 1

Tentunya dengan pemilihan sementara Sangker tersebut bisa dilanjutkan dan tidak hanya berhenti di sini saja. Masih ada rapat – rapat selanjutnya serta koordinasi dengan Pembina, Mantan BPH dan alumni serta pihak – pihak terkait agar bisa sukses dan lancar pada saat Pertika 2010 berlansung nanti. Untuk itu, atas kerja sama yang baik dari semua pihak yang terlibat diucapkan terima kasih.

IKHLAS BAKTI!!!
Depan